November 25, 2020

Sehat Sukses News

Informasi Sehat Terkini Terpercaya

Kalsium dan Berat Badan Wanita

2 min read

Mungkin tidak banyak yang mengetahui dan sama sekali tidak menyangka bahwa asupan kalsium erat hubungannya dengan berat badan seseorang, terutama para wanita. Karena kalsium bisa membantu tubuh meningkatkan proses pembakaran lemak. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat membuktikan bahwa kalsium dapat mencegah kenaikan berat badan. Tentu ini berita menarik untuk para wanita yang ingin tetap terlihat sehat dan langsing.

Menurut penelitian, otak manusia berkemampuan mendeteksi kekurangan kalsium dalam tubuh. Bila asupan kalisum tidak cukup maka tubuh mengirim sinyal ke otak untuk mencari cadangan asupan kalsium dengan mengonsumsi makanan berlebih. Sebaliknya jika kebutuhan asupan kalsium kita cukup, maka kebiasaan ngemil yang tanpa sadarpun dapat dikendalikan dengan baik.

Dengan kata lain, para wanita yang ingin terlihat sehat dan langsing, adalah kurang tepat jika melakukan diet ketat ini itu yang akhirnya justru memicu kekurangan kalsium dalam tubuhnya. Karena hal ini dapat memicu kerja otak tanpa sadar untuk mencari tambahan ngemil. Silahkan penuhi asupan kebutuhan kalsium anda per harinya, maka tubuh anda akan memiliki kemampuan menurunkan berat badan secara otomatis sebab kebiasaan ngemil pun akan berkurang.

Kalsium selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, sebenarnya masih ada banyak lagi peran kalsium bagi tubuh manusia, antara lain :

# Mencegah kemungkinan terkena osteoporosis

Sering kita dengar bahwa kekurangan kalsium dapat menyebabkan penyakit osteoporosis. Dan wanita berpotensi lebih besar terkena osteoporosis dibandingkan dengan pria karena wanita memiliki massa tulang 30 persen lebih sedikit. Oleh karena itu asupan kalsium yang dibutuhkan oleh wanita seharusnya jumlahnya jauh lebih tinggi yaitu 1000 mg per hari, sedangkan pria pada umumnya hanya membutuhkan 500-800 mg per hari.

# Keseimbangan kadar hormone estrogen terjaga

Hormon estrogen berkaitan dengan kepadatan tulang, terutama pada usia pra dan pasca menopause. Pada masa tersebut produksi hormon estrogen berkurang drastis akibatnya kepadatan tulangpun mengalami kekurangan. Dengan asupan kalsium yang cukup maka kemampuan tubuh menjaga keseimbangan kadar estrogen pun terjaga pula. Dan kemungkinan terkena aneka penyakit dapat diminimalisir resikonya.

# Kinerja kerja Jantung lebih optimal

Asupan kalsium yang cukup dapat membantu kerja fungsi saraf dan fungsi otot jantung, sehingga kinerja jantung dalam memompa dan menyalurkan darah ke seluruh tubuh menjadi lebih optimal.

Lalu sudah tepatkah kita jika rutin minum susu dan calc yang dijual bebas di apotik dll? Tidak Tepat! Mengapa tidak tepat? Karena factor kemampuan tubuh menyerap sudah menurun. Sebagaimana kita ketahui bahwa usia yang bertambah, akan menurunkan kemampuan kerja tubuh dalam menyerap.  Artinya dahulu ketika usia masih muda, apapun yang kita konsumsi, hasil yang diserap lebih banyak daripada hasil yang diserap ketika usia kita mulai bertambah. Apalagi jika minum calc yang tidak mudah terserap, kemungkinan dapat menyebabkan pengumpulan di persendian tulang, sehingga terjadilah pengapuran.  

Karena itu kami sarankan untuk mengkonsumsi kalsium yang terbuat dari bahan alami, dan yang mudah diserap oleh tubuh. Sehingga kebutuhan kalsium anda terpenuhi dan anda aman, terbebas dari kemungkinan terkena tambahan penyakit pengapuran. Silahkan lihat detail salah satu produk kalsium dari negeri sakura Japan.

Copyright Sehat Sukses News ©2020 All rights reserved. | Newsphere by AF themes.