Beberapa bahan berbahaya dalam pembalut

Bahan kimia yang digunakan di dalam pembalut ternyata menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia. Banyak pertanyaan-pertanyaan tentang keamanan muncul, terkait penggunaan bahan kimia dan isu-isu lingkungan. Faktor lain yang tak kalah penting adalah resiko wanita terpapar bahan kimia yang terkandung dalam pembalut. Beberapa bahan kimia yang dikabarkan terkandung di dalam pembalut umum yang dipakai para wanita, dan memiliki efek yang berbahaya

Dioxin

Dioxin sendiri adalah bahan yang digunakan sebagai bleaching atau pemutih dalam pembuatan kertas, tampon, panty liners, popok dan pembalut. Efek dioxin yang terkandung di dalam pembalut atau panty liners bersifat akumulatif, jadi tidak langsung tampak. Biasanya akan menumpuk dan menunjukkan efeknya setelah pemakaian 5-20 tahun. Organisasi kesehatan dunia, menyebut dioxin sebagai bahan berbahaya karena mencemari lingkungan dan bersifat sebagai zat karsinogen. Karsinogen artinya zat penyebab kanker.

Furan

Kerabat dekat dioksin yang juga berfungsi sebagai pemutih adalah furan. Sebuah penelitian dilakukan di Korea, dan ditemukan bahwa nyaris seluruh pembalut dan tampon di dunia mengandung zat ini. Hasilnya memang bervariasi, ada banyak produk dioxin dan furan yang dipakai, seperti octachlorinated dioxin (OCDD), hexachlorodibenzofuran (HxCDF) dan octa-chlorodibenzofuran (OCDF) yang terdeteksi. Semuanya adalah zat beracun yang sebenarnya dilarang untuk dipakai.

BPA dan BPS

Kedua bahan kimia ini biasanya terkandung pada plastik, dan dapat menyebabkan kerusakan organ intim, mengganggu perkembangan embrio, serta meningkatkan pertumbuhan bakteri di daerah miss V.

Lalu adakah pembalut yang dijual di pasaran yang tidak mengandung bahan berbahaya? adakah pembalut yang memakai bahan kapas murni yang aman dan yang sehat untuk digunakan? Tentu saja ada. Zcare adalah pembalut berkualitas premium. Diproduksi hanya dari bahan kapas murni, bukan bahan daur ulang.

Harga Rp 720.000,- Untuk setiap pembelian produk Zcare akan mendapatkan cashback langsung Rp.100.000,- dengan mendaftarkan nama anda di website komunita sehat sukses